Selasa, 12 Desember 2017

Tata Usaha

Dalam memberikan pelayanan teknis administratif untuk Civitas Akademika, FAI-UMSB didukung dengan keberadaan Tata Usaha yang merupakan unsur pelaksana administrasi di tingkat fakultas yang terbagi dalam bagian-bagian, yang meliputi:

  • akademik, kemahasiswaan dan alumni
  • umum dan pelayaan
  • bagian pusat data,

Untuk  pelaksanaan  tridharma  perguruan tinggi, FAI-UMSB didukung dengan keberadaan unit-unit :

Transparansi Pelaksanaan  Organisasi  meliputi  transparansi  pelaksanaan akademik, transparansi pelaksanaan keuangan, dan transparansi pelaksanaan pelayanan kemahasiswaan. Transparansi tersebut didukung dengan: struktur organisasi dan  job deskripsi yang jelas sehingga pimpinan dapat mendelegasikan pekerjaan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi hasil kerja.

Sistem kepemimpinan berdasarkan asas musyawarah-mufakat, keterbukaan dan transparansi mendukung cepatnya proses pengambilan keputusan yang obyektif dalam mengatasi persoalan maupun tantangan yang ada.  Kualitas dan kinerja  pimpinan, dosen maupun karyawan dievaluasi secara periodik.

Realisasi program kerja ditinjau secara berkala, dan dibandingkan dengan anggaran yang telah ditetapkan. Program kerja dievaluasi secara periodik dan disesuaikan dengan kondisi yang dinamis dalam rangka pencapaian visi, misi, dan tujuan.

Peningkatan  mutu  juga terus dilakukan oleh Lembaga  Penjaminan Mutu di tingkat Universitas yang didukung oleh Gugus Kendali Mutu tingkat fakultas sebagai lembaga yang dibentuk untuk menjalankan fungsi pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kerja secara periodik.Pelaksanan kegiatan untuk pencapaian visi, misi, dan tujuan berpedoman pada aturan yang ditetapkan UMSB berupa:

  • Statuta UMSB,
  • Rencana Strategis UMSB,
  • Rencana Induk dan Pengembangan UMSB,
  • SK Dekan tentang Fasilitasi Tri Dharma Dosen,
  • SK Dekan tentang Penghargaan Kinerja Dosen dan Karyawan,
  • RKT dan RAKT Fakultas, APB UMSB
  • dan lain-lain.

Untuk kegiatan akademis di lingkungan FE UMSB diatur menggunakan:

  • buku panduan akademik fakultas,
  • buku panduan penulisan skripsi,
  • tata tertib karyawan,
  • SOP keuangan,
  • SOP akademik,
  • tata tertib mahasiswa,
  • kode etik dosen,
  • dan lain-lain.

Sosialisasi peraturan dilakukan secara tertulis maupun lisan melalui beberapa pertemuan seperti :

  • rapat-rapat,
  • masa ta’aruf mahasiswa baru,
  • dalam kegiatan perkuliahan.

Dengan sosialisasi ini seluruh civitas akademika diharapkan menjalankan tangungjawab dengan baik demi tercapainya visi, misi, dan tujuan.



Info