Selasa, 12 Desember 2017

Senat Fakultas

Dalam pelaksanaan  tugas  manajerial, khususnya di bidang akademik, fakultas memiliki senat Fakultas yang merupakan badan normatif yang dipimpin ketua dan sekretaris senat untuk mendorong dan menjaga kewibawaan akademik dan bertugas selama empat tahun (Statuta UMSB tahun 2015). Senat Fakultas terdiri atas dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan wakil dosen yang pengangkatannya dengan keputusan Dekan.

Ketua dan sekretaris senat dipilih dari anggota senat yang bukan pejabat struktural di tingkat fakultas maupun program studi. Mekanisme pemilihan ketua dan sekretaris senat adalah sebagai berikut:

  • segera setelah terpilih dekan dan wakil dekan yang baru, ketua dan sekretaris senat lama melakukan rapat pleno senat fakultas dengan agenda pemilihan ketua dan sekretaris senat baru.
  • Pada rapat senat tersebut dipilih ketua dan sekretaris senat berdasarkan kriteria jabatan akademik dan jenjang studi tertinggi pertama dan kedua secara aklamasi.

Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi

 

Fakultas Agama Islam  memiliki 4  program studi yaitu Ahwal al-Syakhshiyah, Pendidikan Agama Islam,  Pendidikan Guru Bahasa Arab dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang masing-masing dipimpin oleh ketua program  studi  adalah:

  • Senat Fakultas melakukan rapat pemilihan ketua dan sekretaris program studi yang dipimpin oleh Ketua Senat yang ditunjuk oleh forum rapat.
  • Calon ketua dan sekretaris prodi terpilih selanjutnya diusulkan kepada rektor dan oleh Rektor dikirim ke BPH untuk tes propertes. Penetapan ketua dan sekretaris program studi menggunakan SK Rektor.

Ketua program studi bertangungjawab terhadap :

  • pengelolaan dan pelaksanaan program studi,
  • mengembangkan kebijakan dan keputusan strategis untuk peningkatan proses belajar mengajar.
  • Program studi menyelengarakan kegiatan akademik berdasarkan kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan dan memiliki ketrampilan serta sikap yang sesuai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.


Info